sleeping policeman

06 March 2007

Tiba-tiba saja muncul rasa ingin tahu saya terhadap polisi tidur setelah melihat iklan sebuah produk rokok yang ditayangkan di televisi. Bukan tentang fungsinya, kalau itu sih semua orang tentu tahu, tapi istilahnya. Saya baca di sebuah artikel di Kompas bahwa pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Pertama ( 1988 ) dan Edisi Kedua ( 1991 ), polisi tidur belum terdaftar. Baru mulai ada dalam KBBI Edisi Ketiga ( 2001 ), diartikan sebagai 'bagian permukaan jalan yang ditinggikan secara melintang untuk menghambat laju kendaraan'.
Menurut Wikipedia, polisi tidur yang pertama dibuat di Eropa adalah di kota Delft, Belanda pada tahun 1970. Kalau di Indonesia sendiri, tidak jelas sejak kapan mulai dibuat sebagai kelengkapan jalan. Tapi kalau melihat keberadaannya yang sangat banyak dan merata, pasti tingkat popularitasnya sangat tinggi.
Setidaknya ada 3 hal yang menarik untuk dicatat tentang polisi tidur:

    1. Istilahnya tadi. Karena dikaitkan dengan profesi tertentu, bukankah istilah polisi tidur jadi terdengar tidak enak di telinga orang-orang yang mempunyai ikatan emosional dengan profesi itu? Tapi anehnya sampai sekarang tak ada protes terhadap penggunaan istilah ini dan tidak ada upaya untuk mencari sinonim yang bisa terkesan lebih formal.

    2. Meski dalam Bahasa Inggris biasa disebut sebagai speed bump, kadang secara berolok-olok juga disebut sebagai sleeping policeman! Jadi apakah polisi tidur memang merupakan terjemahan literal dari sleeping policeman atau malah sebaliknya?

    3. Keberadaannya kadang kontroversial. Polisi tidur memang cukup efektif untuk memperlambat laju kendaraan. Tapi di sisi lain bisa juga membahayakan keselamatan, terutama bagi pengendara sepeda motor. Apalagi bila ditempatkan atau didesain secara asal-asalan. Belum lagi guncangan yang ditimbulkannya, serta kebisingan suara dan polusi udara seiring dengan pemborosan kanvas rem dan bahan bakar yang terjadi karena kendaraan harus dijalankan dengan gigi rendah.

Di samping itu, bagi kendaraan dengan ground clearance yang rendah dan kinerja shockbreaker yang sudah tidak bagus lagi seperti Suzuki RC100 milik saya, polisi tidur menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan untuk dijumpai di jalan. Tapi kalau harus melewatinya juga, ya sudah, dibuat enjoy aja...

0 comments: